WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

28 December 2019

Visit Program | Koolendong Exercise | @Last Post


Exercise Koolendong adalah Latihan bersama antar Australia Army dan US Marine Rotational Force-Darwin dan merupakan salah satu program dari Australia-US Force Posture Initiative dalam kerangka kerjasama Bilateral antara Amerika Serikat dan Australia guna meningkatkan pelibatan dan peran serta kedua Negara di kawasan Asia Pasifik. Exercise Koolendong sejatinya adalah sebuah latihan satuan Infanteri USMC bagi Marine Rotational Force-Darwin yang diselenggarakan setiap tahunnya di area hatihan lapangan Bradshaw (The Bradshaw Field Training Area) yang berlokasi di wilayah teritorial utara Australia. Execise Koolendong melibatkan personel dari kesatuan Marine Rotational Force-Darwin, Divisi ke-4 Marinir Okinawa Jepang, Baterai Artileri Medan Australia serta melibatkan unit dari Angkatan Bersenjata Prancis New Caledonia. Keikutsertaan pasukan tersebut didalam kegiatan Exercise Koolendong adalah untuk meningkatkan interoperability dan kerjasama diantara peserta latihan dari ketiga Negara.

Program Kunjungan (Visit Program) pada latihan Koolendong yang melibatkan perwira senior dari Angkatan bersenjata Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura dan Philippina merupakan suatu kesempatan dan memiliki arti penting bagi Australia dalam rangka ingin menunjujjkan dan menjelaskan kondisi riil dilapangan pelaksanaan latihan Marine Rotational Force-Darwin di wilayah utara Australia yang merupakan bagian kawasan terdekat dengan Negara tetangga Australia. Kunjungan para perwira senior dari angkatan bersenjata Negara sahabat Autralia pada Exercise Koolendong kali ini bertujuan untuk menunjukkan dan memamerkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama latihan kepada Negara patner terdekat Australia di kawasan dalam rangka memberikan pengertian dan manfaat dari keberadaan US-Australia Force Posture Initiative bagi keamanan dan kerjasama di kawasan.
Mencermati trend dan kecendrungan perkembangan lingkungan strategis di kawasan regional khususnya yang terjadi di Laut Cina Selatan (LCS), menjadikan Indonesia sebagai salah satu Negara tetangga terdekat Australia sebagai Negara patner strategis terpenting dan vital bagi Australia. Kondisi stabilitas Keamanan Nasional (National Security) Indonesia bagi Australia adalah sesuatu yang harus dapat terpelihara, dengan kata lain Australia merasa sangat berkepentingan terhadap kondisi stabilitas keamanan Indonesia dikarenakan wilayah Indonesia merupakan daerah penyangga bagi stabilitas keamanan teritori Australia (2016, Air Commodore Noel Derwort/Director General Engagement and Assessment Headquarters Join Operation Command).
Oleh karenanya framework kebijakan Departemen Pertahanan Australia senantiasa berupaya membangun dan meningkatkan hubungan kerjasama yang erat dalam bidang pertahanan dan keamanan khususnya keamanan maritim kawasan (Regional Maritime Security) melalui operasi dan latihan bersama antar Angkatan Bersenjata kedua Negara.


No comments:

Post a Comment