WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

25 December 2019

KORPS MARINIR UJI FUNGSI SEA READER RBB YE BOAT


Korps Marinir melaksanakan Uji Fungsi Empat Sea Reader Rigid Bouyancy Boat (RBB) Merk Ye Boat bertempat di Pantai Mutiara Jakarta Utara, Senin (23/12/2019). Kegiatan yang dipimpin oleh Asrena Dankormar Kolonel Marinir Asril Tanjung, dan dihadiri oleh Asintel Dankormar Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, Dandenjaka Kolonel Marinir Nanang Saefulloh, Tim dari Kemhan RI, serta tim dari PT. Balakosa Balin Indonesia (BBI) Shipyard, adalah merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan dan tahapan yang harus dilalui sebelum material tersebut diserah terimakan dari penyedia barang PT. BBI kepada end user dalam hal ini Korps Marinir.

RBB Ye Boat merupakan Sea Reader Produksi Dalam Negeri (PDN) dan karya anak bangsa dibawah naungan PT. Balakosa Balin Indonesia Shipyard. Sea Reader RBB Ye Boat adalah sejenis kapal yang ringan namun berkinerja tinggi dan berkapasitas tinggi yang merupakan pengembangan dari Rigit Infltable Boat (RIP) dengan pemutakhiran komponen-komponen keselamatan sera pemutakhiran performa dari produk RIB yang rentan terhadap kebocororan inflatble tube, tingginya resistensi  lambung RIP, terbatasnya kecepatan, kurangnya kestabilan dan sulitnya perawatan dan pemeliharaan serta pembersihan tanki bahan bakar. Berdasarkan konsep perahu karet Rigid-hulled (RHIB), kapal ini memiliki tabung/spons yang diproduksi dari bahan padat seperti polietilen atau aluminium yang telah dicetak dan karenanya jauh lebih kuat dari bahan dan material yang biasa digunakan pada RIP umumnya. Dengan panjang 12 meter serta daya angkut beban seberat 3.000 kg Rea Reader ini mampu melaju dengan kecepatan 35-40 knot per jam.

Adapun Materi Uji Fungsi Sea Reader RBB Ye Boat yaitu Harbour Test yang meliputi pengujian kekedapan tangki-tangki, pengujian sistem listrik, pengujian fungsi pipa dan pompa bilga, pengujian fungsi mesin outboard tanpa beban, dan diakhiri dengan pengujian navigasi dan komunikasi. Sedangkan Materi Sea Trial meliputi pengujian kecepatan kapal dalam beberapa putaran mesin (Speed trials), uji olah gerak (steering & maneuverability trials), uji berputar (turning trial), uji maju dan mundur (stopping test a head & a stern trials), uji ketahan mesin (endurance trials) dan uji fungsi peralatan navigasi dan komunikasi.

Secara umum kegiatan berlangsung dengan lancar dan aman serta semua modul test yang sudah ditetapkan dapat dilalui dan semua instrumen pada Sea Reader bekerja dan berfungsi dengan baik. Dengan uji fungsi Sea Reader RBB Ye Boat ini diharapkan mampu memberikan hasil secara maksimal guna mendukung Tugas Pokok serta tugas-tugas operasi dan latihan Korps Marinir dimasa mendatang.

No comments:

Post a Comment