WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

30 June 2016

Panglima TNI Antisipasi Letusan Konflik di Laut Cina Selatan

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyiapkan berbagai cara mengantisipasi kemungkinan terburuk akibat ketegangan di wilayah Laut Cina Selatan.

"Wilayah ini jadi fokus. Kemungkinan terjadi konflik, maka kami siapkan segala kemungkinan, perkuat pengindraan dan sebagainya," ujar Gatot di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 18 Mei 2016.

TNI, Gatot mengatakan, juga akan memperkuat sejumlah pangkalan Angkatan Laut yang berada di sekitar wilayah tersebut untuk sejumlah fungsi. "Ya semua. Pangkalan bukan hanya di Natuna, tapi juga Morotai, Biak, dan Saumlaki. Tempat-tempat terluar," katanya.

Menurut Gatot, pengembangan pangkalan itu sementara ini diprioritaskan di empat wilayah tersebut. Namun, dia menambahkan, tak tertutup kemungkinan pengembangan dilakukan di tempat lain, bergantung pada dana yang tersedia.

"Prioritas utama sekarang di Natuna, Morotai, Biak, dan Saumlaki. Tapi, kalau bisa, semua berkembang lagi," tuturnya. "Setelah kami rancang semua baru laporkan kepada pemerintah, ada duit enggak, kan gitu."

Dalam menghadapi konflik Laut Cina Selatan, Gatot menekankan TNI berpedoman pada kebijakan politik luar negeri pemerintah Indonesia. "Pemerintah sudah mengimbau agar semua negara mewujudkan situasi aman di Laut Cina Selatan dan tak memicu instabilitas karena itu urat nadi ekonomi dunia," ucapnya.
 
SUMBER : TEMPO.CO

No comments:

Post a Comment