WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

09 November 2012

Tranformasi Ketahanan Nasional Melalui Parade Cinta Tanah Air


Tren perkembangan lingkungkan strategis yang ditandai dengan kencangnya arus globalisasi, informasi dan transformasi di segala bidang mengharuskan bangsa Indonesia menyatukan emosi kebangsaan menjadi emosi kolektif dalam mewujudkan ketahanan nasional.

Salah satu wujud nyata ketahanan nasional adalah memiliki jiwa bela negara dan cinta tanah air. Sikap bela negara dan cinta tanah air merupakan  nilai-nilai karakter bangsa Indonesia yang dijiwai oleh kecintaanya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter bangsa saat ini sangat diperlukan mengingat secara faktual nilai-nilai karakter bangsa saat ini semakin hari semakin menunjukkan grafik penurunan. Tren penurunan tersebut ditandai dengan maraknya peristiwa-peristiwa yang mengindikasikan adanya sikap anomali sosial seperti tawuran di kalangan pelajar, premanisme dan sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia yang kesemuanya itu mengindikasikan perlunya pembinaan dan perhatian khusus dalam pembentukan karakter pada generasi muda saat ini.
Indonesia memang tidak akan bisa terhindar dari masuknya pengaruh nilai-nilai budaya atau paham yang datang dari luar. Nilai-nilai tersebut tidak semuanya berdampak baik pada bangsa ini. Tidak sedikit nilai-nilai itu malah meng-erosi nilai-nilai yang sudah menjadi karakter bangsa sejak republik ini berdiri. Pertanyaannya bagaimana menangkal pengaruh buruk nilai-nilai yang datang dari luar tersebut……?

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menangkal pengaruh buruk tersebut adalah dengan membentuk kembali karakter bangsa melalui kegiatan sosialisasi yang melibatkan partisipasi aktif anak-anak muda se-indonesia dalam framework Parade Cinta Tanah Air.

Parade cinta tanah air merupakan upaya untuk menanamkan nation character building pada generasi penerus yang merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan.

1 comment:

  1. nice sob

    kunjungi blog gw jga : http://christian-xp.blogspot.com/

    kunjungi blog gw jga : http://christian-xp.blogspot.com/

    kunjungi blog gw jga : http://christian-xp.blogspot.com/

    kunjungi blog gw jga : http://christian-xp.blogspot.com/


    ReplyDelete