WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

10 December 2011

Kasum TNI Tinjau Latgab TNI Tingkat Batalyon di Dumai

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI J. Suryo Prabowo meninjau Latihan Gabungan TNI Tingkat Batalyon Tahun 2011 di Dumai Riau, Jumat (9/12). Dalam kunjungan tersebut, Kasum TNI didampingi oleh Kepala Staf Kostrad, Komandan Korps Marinir dan Komandan Korps Paskhas meninjau Posko Latgab TNI serta tempat Pendaratan Amfibi di Pantai Mundam.

LatgabTNI Tingkat Batalyon merupakan penjabaran dari arahan Presiden RI pada saat memberikan pengarahan kepada para petinggi TNI-Polri, di Akademi Militer Magelang bulan Juli lalu. Latihan Gabungan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan dalam mekanisme setiap kegiatan operasi gabungan yang dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Sementara, sasaran yang ingin dicapai adalah selain untuk meningkatkan kemampuan perorangan maupun satuan dan kesiapan satuan TNI,juga untuk terwujudnya koordinasi dan kerjasama antar matra,sehingga kesiapan operasional satuan TNI terjaga.

Latihan Gabungan TNI Tingkat Batalyon yang diselenggarakan ini, sebelumnya bernama Latihan Pemukul Pasukan Reaksi Cepat (PPRC)TNI.  Perubahan nama menjadi Latihan Gabungan TNI Tingkat Batalyon diharapkan dapat lebih meningkatkan soliditas dan kerjasama yang harmonis serta sinergitas antar angkatan dimulai dari daerah latihan kemudian berlanjut di daerah operasi, sehingga akan menghilangkan egosentris angkatan.

Latihan Gabungan TNI 2011, yang mengambil tema “Komando Operasi Gabungan (KOGAB) melaksanakan operasi gabungan di wilayah darat, laut serta udara nasional dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI”, mengandung arti dan tujuan ganda yang amat strategis, bagi TNI : Pertama, menjadi bagian dari upaya memelihara dan meningkatkan kemampuan profesionalitas prajurit dilapangan serta kesiapan operasional satuan TNI guna menjaga dan menegakkan kedaulatan negara. Kedua, memberi dampak psikologis terhadap pembangunan soliditas antar angkatan dengan memegang teguh prinsip kesetaraan, saling menghormati dan saling mendukung peran dan fungsi masing-masing angkatan.
Latihan ini dilaksanakan, dalam dua fokus yaitu: Pertama,Latihan Posko, guna melatih keterampilan unsur pimpinan dan staf dalam pengambilan keputusan. Kedua,Latihan Lapangan, untuk melatih kemampuan dan keterampilan guna kesiapan Komando Tugas Gabungan (Kogasgab)TNI dalam melaksanakan operasi gabungan pada sasaran-sasaran sesuai rencana operasi.

Latgab TNI Tingkat Batalyon ini diikuti oleh sekitar 4.000 orang prajruit TNI dari tiga angkatan (AD, AL dan AU).

Sumber : Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment