WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

30 October 2011

TNI AL Berkomitmen Kawal Perbatasan Maritim

JAKARTA--MICOM: Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Suropati mengatakan TNI angkatan laut berkomitmen untuk tidak membiarkan sejengkal wilayah maritim NKRI diganggu negara asing.

Untuk itu, TNI AL akan terus melakukan operasi pengamanan di wilayah-wilayah perairan Indonesia. "Kita tidak akan biarkan sejengkal pun wilayah NKRI diganggu negara asing," ujarnya dalam temu wartawan di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Kamis (27/10).

Mengenai perbatasan maritim, ia menambahkan, akan melakukan survei Hidrografi. Unsur-unsur KRI dari Dishidros melaksanakan survei hidrografi untuk menetapkan batas suatu negara di laut dengan menarik garis-garis pangkal atau base line yang menghubungkan rangkaian titik-titik terluar yang disebut base point atau titik dasar. "Titik koordinat akan diambil saat air surut," ujar Untung.
Khusus pengamanan perbatasan di wilayah Barat, lanjut Untung, kehadiran KRI dan Patmar dalam operasi keamanan laut di Selat Malaka dan Selat Singapura serta Laut Natuna dan ALKI I di Selat Sunda mutlak dibutuhkan. "Oleh karena itu, Koarmabar mempertajam fungsi intelijen dalam mengantisipasi perkembangan global, regional, dan nasional atas operasi keamanan laut berjalan efektif dan efisien. Jajaran intelijen senantiasa memberikan data kerawanan daerah operasi kepada para Komandan KRI dan Pilot pesawat Patmar," ujarnya.
Sumber : mediaindonesia

2 comments:

  1. Semoga TNI AL yg kita banggakan senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah SWT dlm menjaga kedaulatan NKRI di laut...Bravo TNI AL...

    ReplyDelete
  2. Jayalah selalu Angkatan Laut....!

    ReplyDelete