WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG .....WELCOME TO MY BLOG....."

18 September 2010

SUMMARY AYAT-AYAT AL QURAN

Surat Ke 12 : Yusuf
¤ Yusuf (1-6): SubhanAllah! Kisah ini mengingatkan kita kepada Sabda Rasul bahwa mimpi baik datangnya dari Allah dan mimpi buruk datangnya dari syaitan.
¤ Yusuf (7-12): Sifat yang paling berbahaya yang harus selalu kita mohon kepada Allah agar dijauhkan dari diri kita yaitu Sifat HASUT.
¤ Yusuf (13-18): Ini pelajaran bahwa sekali Berdusta, menagih utk berdusta lagi karena itu jangan mulai sesuatu dgn berdusta.
¤ Yusuf (19-22): Kebenaran pasti dimengkan oleh Yang Maha Benar, jadi selama BENAR jangan pernah Takut sama sekali!
¤ Yusuf (23-25): Bila rasa takut kepada Allah lebih kuat dari pada Keinginan utk bermaksyiat maka jadilah hamba Allah yang TAAT!
¤ Yusuf (31-32): Kita mudah menyalahkan orang bermaksyiat karena kita belum tergoda dan ternyata kalau tergoda, hal yg sama mungkin akan terjadi.
¤ Yusuf (33-36): Orang yg Takut kepada Allah, memilih sengsara di dunia ini dari pada hidup senang tetapi bergelimang dosa.
¤ Yusuf (37-39): Allah akan mengabulkan Doa orang2 yang dizholimi itu adalah orang2 yang jelas sholeh.
¤ Yusuf (40-42): Diantara Mukjizat Nabi Yusuf dari Allah adalah Kecerdasan Beliau dalam memaparkan rahasia dan Hikmah tabir mimpi.
¤ Yusuf (43-46): Orang kalau sudah simpati karena Benar akan membawa Kepercayaan, Kebaikan dan Kesuksesan Dunia Akhirat.
¤ Yusuf (47-50): Apa yang kita tanam maka itulah yang akan kita tuai/panen. Kebaikan tumbuhkan Kemenangan, keburukan akan tumbuhkan Kehinaan.
¤ Yusuf (51-54): Nafsu cendrung menggoda si empunya untuk dipuaskan kecuali nafsu yang ditundukkan Allah karena Kesungguhan Taat hamba NYA itu.
¤ Yusuf (55-59): Sungguh waktu Allah sediakan di dunia ini terlalu sebentar untuk persiapan bekal hidup selama2nya di Akhirat kelak.
¤ Yusuf (60-63): SubhanAllah! Akhirnya Orang Sabar yg dizholimi itu menang waupun mulanya kalah karena itu tetaplah Bersabar jika ingin MENANG!
¤ Yusuf (64-66): Orang Zholim menggunakan tipu daya sementara Orang Beriman menggunakan Strategi untuk mencapai Kemenangan Dunia Akhirat.

Surat Ke 26 : Asy-Syu'araa’
¤ Asy-Syu'araa’(1-5): Tiada yg membuat Nabi Muhammad sangat sedih selain karena Dakwah Beliau yg ditolak karena sayangnya Beliau pd ummatnya.
¤ Asy-Syu'araa’(6-9): Hari Qiamat adalah hari dibukanya semua dusta dan rahasia selama di dunia dan hari itu adalah hari kebahagiaan hamba2 Allah yg jujur.
¤ Asy-Syu'araa’(10-14): Setiap ada pemimpin kemungkaran maka Allah akan hadirkan Pemimpin Penegak Kebenaran sebagaimana Nabi Musa thdp Fir'aun yang lalim.
¤ Asy-Syu'araa’(15-18): SubhanAllah! Walaupun Musa diasuh dan dibesarkan Fir'aun, tidak membuat Beliau mengikuti Fir'aun, malah menjadi pembawa peringatan utk Fir'aun.
¤ Asy-Syu'araa’(19-22): Berterimakasih hanya dlm jasa Kebaikan bukan pada jasa Kemungkaran, demikian Syariat Allah mengatur tentang cara Bersyukur.
¤ Asy-Syu'araa’(23-27): Puncak kesombongan Fir'aun bukan hanya menolak kebenaran tapi ia telah menyatakan dirinya sebagai Tuhan.
¤ Asy-Syu'araa’(28-31): Membunuh budak, mengancam penjara dan menuduh gila kepada Nabi Musa adalah tanda2 kediktatoran Fir'aun yg mengundang murka Allah.
¤ Asy-Syu'araa’(32-35): Setelah Nabi Musa menunjukkan Mukjizat Allah, Fir'aun bukannya tunduk malah menuduh Musa sbg tukang tenung / penyihir.
¤ Asy-Syu'araa’(36-40): Allah membekali Nabi-Nya dgn Mukjizat yg sesuai dgn suasana kehebatan kaumnya seperti saat Nabi Musa berhadapan dgn para penyihir Fir'aun.
¤ Asy-Syu'araa’(41-44): Para tukang sihir hanya ingin upah dunia dr Fir'aun sedangkan Nabi Musa menginginkan Ridho Allah dan Akhirat yang kekal.
¤ Asy-Syu'araa’(45-49): SubhanAllah! Tipu daya para tukang sihir atau santet/dukun tdk akan pernah mampu mencelakakan hamba2 Allah yg Sholeh.
¤ Asy-Syu'araa’(50-54): SubhanAllah, ternyata tukang sihir itu faham bahwa Nabi Musa diberi Mukjizat Allah, akhirnya para tukang sihir itupun beriman pada Allah.
¤ Asy-Syu'araa’(55-60): Rasanya tidak mungkin Fir'aun dan bala tentaranya terkalahkan tapi ternyata mereka dpt dikalahkan atas IZIN ALLAH.
¤ Asy-Syu'araa’(61-66): Secara akal sehat tdk mungkin laut dipukul dgn tongkat, terbelah dan tertutup tapi tiada yg tidak mungkin bagi Allah, semua tunduk pada QudrahNYA.
¤ Asy-Syu'araa’(67-72): SubhanAllah, Nabi Ibrahim AS mengajarkan kpd kita bahwa Dakwah pertama dan Utama adalah keluarga kita sendiri sebelum orang lain.
¤ Asy-Syu'araa’(73-77): Dengan dalih nenek moyang dan penghormatan kpd leluhur itulah kaum Musyrik mentradisikan/melanggengkan kesesatannya.
¤ Asy-Syu'araa’(78-82): Allah sangat sayang kpd makhluk Nya, setelah diciptakan, IA berikan aneka fasilitas hidup dan Petunjuk Nya utk meraih Ridho dan SyurgaNYA.
¤ Asy-Syu'araa’(83-87): Ya Allah jadikanlah kami hamba2MU yang Sholeh, Bermanfaat dan Dikenang Kebaikannya oleh generasi kemudian.
¤ Asy-Syu'araa’(88-95): Qolbun Salim adalah Hati yg dibersihkan Allah dari dosa2 dan dari segala penyakit seperti sombong, pamer, sum'ah, bangga diri dsb.
¤ Asy-Syu'araa’(96-104): Ternyata para penghuni neraka saling menyalahkan bahkan saling bertengkar tapi semua sia2, tiada guna dan terlambat!
¤ Asy-Syu'araa’(105-109): Ingat! Ikhlas bukan tidak ada Pamrihnya, justru Ikhlas itu puncak Pamrihnya pada Ridho Allah dan SyurgaNya yang seluas Langit dan Bumi.
¤ Asy-Syu'araa’(110-115): Pecinta dunia cendrung mudah memuliakan orang kaya / pejabat tetapi sebaliknya mereka merendahkan orang miskin/rakyat jelata.
¤ Asy-Syu'araa’(116-119): Inilah Doa seorang Nabi,'Selamatkan aku dan mereka yang beriman bersamaku', dan Allah pun kabulkan doa Nabi yang sangat mencintai ummatnya.
¤ Asy-Syu'araa’(120-125): Kisah Nabi Luth mengajarkan bahwa yg Bertaqwa akan Allah selamatkan dan mereka yang kufur kpd Allah akan celaka (mendapat azab).
¤ Asy-Syu'araa’(126-130): Mereka membangun istana dunia seakan hidup selama2nya dinina bobokkan dgn kekayaannya padahal mati datang tiba2.
¤ Asy-Syu'araa’(131-138): Terlalu besar Anugrah Allah dlm hidup ini tetapi terlalu banyak dosa yg kita perbuat kpd Allah dan makhlukNya. Ya Allah, ampuni lah kami!
¤ Asy-Syu'araa’(139-145): Mereka yg Beriman yg hanya mencari Ridho Allah dlm semua aktifitasnya adalah mereka yg telah meraih Karunia Besar dlm hidup ini.
Asy-Syu'araa’(146-152): Saudaraku tercinta, jangan terpukau dgn glamour dunia ini! Ingat, hidup ini sekejap dan kita akan dihidupkan Allah selama2nya di Akhirat.
¤ Asy-Syu'araa’(153-159): Kalau Hati telah tertutup dgn kesombongan walau mukjizat kebenaran disaksikan tetap tdk akan berubah dari kekufuran.
¤ Asy-Syu'araa’(160-167): Dakwah para Rasul dr Nabi Adam AS hingga Muhammad SAW adalah hanya karena Allah bukan krn pamrih harta, jabatan, perempuan dan ketenaran.
¤ Asy-Syu'araa’(168-175): Tiada makhluk yg dpt memberi hidayah walau pada sangan/keluarganya kecuali atas izin Allah, Maha Pemberi Hidayah.
¤ Asy-Syu'araa’(176-182): Dakwah para Rasul semuanya mengajak kpd hanya tunduk dan patuh pd Allah, meninggalkan semua sembahan apapun kecuali ALLAH saja.
¤ Asy-Syu'araa’(183-187): Janganlah bangga berhasil menipu orang tapi sedihlah krn sebenarnya telah menipu diri sendiri sebelum menipu orang lain.
¤ Asy-Syu'araa’(188-191): Bayangkan jika kita hidup di masa Nabi Syu'aib apakah beriman atau kufur pd beliau? Karena itulah IMAN benar2 Karunia Allah SWT.
¤ Asy-Syu'araa’(192-199): Astagfirullah, ternyata maksyiat yg paling banyak dilakukan oleh ummat manusia adalah berdusta. Sungguh Dusta itu perbuatan buruk.
¤ Asy-Syu'araa’(200-205): Ternyata orang2 kafir itu akhirnya sadar dan sangat menyesal tapi sayang sesal itu terlambat, di saat disiksa di Akhirat.
¤ Asy-Syu'araa’(206-212): Makin takut pd Allah makin jauh dan lemah kekuatan dan tipu daya syetan baik syetan-jin maupun syetan-manusia.
¤ Asy-Syu'araa’(213-220): Rasulpun sangat penyayang dan rendah hati kpd para sahabat dan pengikut beliau. Inilah yg membuat Rasul sangat dicintai ummat Beliau.
 
Surat Ke 27 : An-Naml
¤ Naml (1-5): Ingat! Orang yg tidak percaya akan kehidupan Akhirat, hidup mereka adalah foya2 dan senang bahkan bangga dg perbuatan maksyi'at.
¤ Naml (6-7): Saking sayangnya Allah kpd hamba2Nya yg bertaubat, semua dosa2 yg mereka perbuat sebanyak apapun tetap Allah ampuni. SubhanAllah!
¤ Naml (8-11): SubhanAllah! Sungguh sangat istimewa Nabi Musa AS, bisa berdialog dgn Allah bahkan Allah beri ragam mukjizat kpd Nabi Musa.
¤ Naml (12-15): Fir'aun sangat tahu kebenaran Mukjizat Nabi Musa AS tetapi tetap tdk menerimanya karena dirinya sudah merasa hebat, kaya dan berkuasa.
¤ Naml (16-19): Allahu Akbar! Sungguh luar biasa, Nabi Sulaiman bisa berdialog dgn semut2, burung2, kaum jin bahkan paham bahasa alam.
¤ Naml (20-23): SubhanAllah! Ternyata Nabi Sulaiman AS memiliki satelit intelijen yaitu burung Hud-Hud yang melaporkan segala hal padanya.
¤ Naml (24-28): SubhanAllah! Ternyata Nabi Sulaiman tetap melakukan cek dan ricek/klarifikasi/tabayyun setelah menerima laporan intel dari Hud-Hud.
¤ Naml (29-34): Memberi hadiah adalah bagian strategi dakwah Nabi Sulaiman walau punya kekuatan yg luar biasa tapi tetap rendah hati.
¤ Naml (35-38): SubhanAllah! Nabi Sulaiman menjadikan ilmu, harta, dan kekuasaan yang Beliau punya untuk bersyukur dan berdakwah di jalan Allah.
¤ Naml (39-41): Ternyata kemampuan jin ifrit yang luar biasa dikalahkan oleh kemampuan Ahli Kitab yang luar biasa beriman dan Taat kpd Allah SWT.
¤ Naml (45-48): Allah ciptakan segala sesuatu dgn Rahmat dan Ilmu Allah maka apapun yg terjadi (termasuk nasib) pasti ada Rahmat dan Hikmahnya.
¤ Naml (49-53): Diantara azab Allah yg disegerakan di dunia sebelum di akhirat adalah mereka yg menentang Allah dan menyakiti kekasih2 Allah (Nabi/Rasul).
¤ Naml (54-58): Masalah homoseksual dan lesbianisme sudah ada sejak masa Nabi Luth dan selalu mengundang bala bencana dunia diantaranya AIDS.
¤ Naml (59-61): Aneh jika tidak percaya adanya Tuhan..., siapa yang bisa ciptakan seekor lalat saja? Jika bukan Allah.
¤ Naml (62-63): Kita begitu yakin dgn dokter lalu kita tebus resepnya utk kesembuhan kita tapi mengapa kita tidak seYakin itu kepada Allah dengan resepnya Al Qur'an.
¤ Naml (64-66): Allah itu ada sebekum kata'ada' itu ada dan akan tetap ada sekalipun kata 'ada' sudah tidak ada.
¤ Naml (67-70): Allah pun printahkan kita untuk banyak mengambil pelajaran dari makhluk NYA yang durhaka kepada NYA seperti Fir'aun, Qarun, Namrudz dll.
¤ Naml (71-75): Ternyata orang kafir yg menantang Allah untuk menyegerakan azab, di hati mereka penuh rasa takut akan azab Allah SWT.
¤ Naml (76-79): Jika sudah benar dan berjuang dalam kebenaran maka bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat suka hamba2Nya yang bertawaqal.
¤ Naml (80-82): Kematian adalah keniscayaan karena itulah orang2 beriman menyambut dengan kesungguhan taqwa kepada Allah.
¤ Naml (83-86): Pikiran jernih itu mengingatkan bahwa tiada alasan durhaka kepada Allah kecuali karena kebodohan dan kesombongan.
¤ Naml (87-93): Allah menatap dan Allah mendengar semua lintasan hati dan sikap kita, lalu masih biasakah kita berbuat maksyi'at kpd Allah?

Surat Ke 29 : Al-‘Ankabut
¤ Al Ankabut (1-5): Ternyata setiap hamba Allah yang mangaku beriman, benar2 Allah uji Keimanan mereka sehingga tampak siapa yang benar2 Beriman!
¤ Al Ankabut (6-8): Siapapun berbuat baik karena keimanannya kpd Allah, sungguh yg berbuat baik utk keselamatan dirinya sendiri dunia akhirat.
¤ Al Ankabut 9-11: Aneh orang munafik itu karena ia mau beriman kalau ia disehatkan, dikayakan tetapi kalau disusahkan, mereka tidak mau beriman.
¤ Al Ankabut (12-14): Mengapa orang2 kafir dan munafik mudah stress, depresi dan post power sindrome? Karena dunia segala2nya bagi mereka.
¤ Al Ankabut (15-17): Kesalahan manusia Jahiliyyah modern adalah menciptakan 'tuhan-tuhan' baru seperti harta, kekuasaan dan hawa nafsu.
¤ Al Ankabut (18-21): Renungilah kehidupan ini baik2! Dari mana asal kita? Dimana kita sekarang? Mau kemana kita pada akhirnya?
¤ Al Ankabut (22-24): INGAT! Perbuatan baik atau buruk sekecil apapun PASTI akan mendapat balasan di HARI PEMBALASAN kelak di Mahkamah Allah.
¤ Al Ankabut (25-27): Sekalipun orang kafir, tetap Allah beri kasih sayang antar mereka selama di dunia tetapi di Akhirat kelak mereka saling membenci.
¤ Al Ankabut (28-30): Kaum Gay & Lesbian sudah ada sejak zaman Nabi Luth! Azab Allah menimpa mereka karena mereka menentang Allah & RasulNya.
¤ Al Ankabut (31-33): Walau istri seorang Nabi, tetap mendapat azab Allah karena dia durhaka kepada perintah Allah & RasulNya.
¤ Al Ankabut (34-37): Perbuatan Fasiq yg segera mengundang azab Allah adalah bukan hanya jahil & tdk beriman tetapi dibarengi menantang Allah & RasulNya.
¤ Al Ankabut (38-39): Kecerdasan syaitan adalah membuat maksyi'at menjadi indah bahkan hobbi sementara kebaikan menjadi berat bahkan buruk/merugikan.
¤ Al Ankabut (40-41): Siapa yg percaya Amerika mengalami kebangkrutan! Nyatanya bangkrut, itulah sarang laba2, kesannya kuat padahal rapuh.
¤ Al Ankabut (42-44): Allah menciptakan segala sesuatu dengan Rahmat & IlmuNya karena itu segala ciptaan & peristiwa pasti ada Hikmah & Rahmat Allah.
¤ Al Ankabut (45-46): Hanya SHOLAT yg dilakukan dgn benar dan Sungguh2 (Khusyu') yg mencegah dari segala bentuk perbuatan keji dan mungkar.
¤ Al Ankabut (47-48): Disebut kafir karena mereka menolak Allah, RasulNya dan Syari'atNya baik karena kebodohan maupun kesombongan diri mereka!
¤ Al Ankabut (49-51): Al Qur'an sangat jelas, mudah dipahami, sesuai dgn Fitrah manusia dan daya tariknya luar biasa bagi para cerdik pandai.
¤ Al Ankabut (52-54): Allah selalu menyaksikan kita, tidak ada yg luput dari pengawasan Allah maka bagaimana mungkin kita berani untuk maksyi'at kpd Allah?
¤ Al Ankabut (55-59): Berjuanglah utk mencari karunia/rezki Allah dan jangan sekali2 putus asa atas RahmatNya karena sesungguhnya bumi Allah itu luas.
¤ Al Ankabut (60-62): Ternyata sebgian org kafir itu tahu bahwa Tuhan yg Benar itu adalah ALLAH tapi hati mereka diliputi kesombongan dan Sifat Dengki.
¤ Al Ankabut (63-65): Alangkah lucunya hidup ini, setelah sekolah, bekerja, berkeluarga, dapat rezki lalu semuanya kita tinggalkan kecuali Amal Ibadah yg ikut kita.
¤ Al Ankabut (66-69) Inilah karakter terburuk ummat manusia, setelah Allah selamatkan dari marabahaya, mereka melupakan Allah yg menolong mereka.

Surat Ke 30 : Ar-Rum
¤ Ar Ruum (1-7): Inilah bukti kebenaran Al Qur'an dan Nabi Muhammad bahwa akhirnya Romawi menang atas Persia padahal ketika turun ayat, itu belum terjadi.
¤ Ar Ruum (8-9): Allah perintahkan kita utk sungguh2 memperhatikan mereka yg dibinasakan Allah karena kezholiman yg luar biasa seperti Fir'aun dan Qarun.
¤ Ar Ruum (10-13): Astaghfirullah! Saat Qiamat orang kafir dan musyrik putus asa krn tdk ada lagi yg dpt diperbuat kecuali manerima azab yg pedih!
¤ Ar Ruum (14-18): Pada hari Qiamat kelak manusia akan dikelompokkan Allah sesuai dgn kelompok mereka selama mereka hidup di dunia.
¤ Ar Ruum (19-21): Sadarilah Wahai Manusia, jangan sombong karena manusia diciptakan Allah dari Tanah dan kembali ke/menjadi Tanah.
¤ Ar Ruum (22-24): Sungguh luar biasa ciptaan Allah, berbagai macam suku, bangsa dan bahasa tapi yg Paling Mulia hanya yg paling Bertaqwa kpd Allah.
¤ Ar Ruum (25-27): Mengapa orang Beriman tdk pernah Stress? Karena orang Beriman paham benar bahwa semuanya adalah milik Allah semata.
¤ Ar Ruum (28-29): Perbedaan Rezki dan semua keadaan adalah ujian Allah, dengan Nikmat kita bersyukur dan dengan susah kita bersabar.
¤ Ar Ruum (30-32): Fitrah hidup ini adalah Taat dan Bahagia karena Taat juga Fitrah. Karena itu sungguh2lah Taat kpd Allah.
¤ Ar Ruum (33-35): Kezholiman makhluk ini kpd Allah adalah setelah Allah keluarkan dari Kesulitan, menjadi Durhaka dan Sombong kpd Allah.
¤ Ar Ruum (36-37): Iman pamrih adalah bila diberi rezki, taat kpd Allah tetapi kalau diuji oleh musibah, menjauh dari Allah! Naudzubillah.
¤ Ar Ruum (38-40): Memperhatikan faqir miskin, kerabat dan mereka yg kesulitan dlm perjalanan adalah bukti cinta dan syukur kita kpd Allah SWT.
¤ Ar Ruum (41-43): Kemalangan terjadi di muka bumi ini karena ulah manusia sendiri seperti longsor karena hutan digunduli, banjir karena sampah dst.
¤ Ar Ruum (44-46): Rasulullah bersabda,'Berbuatlah sesukamu, sesungguhnya engkau akan memperoleh bagian akibat dari ulahmu itu.'
¤ Ar Ruum (47-49): Inilah janji Allah utk orang2 beriman bahwa Allah pasti menolong mereka jika tdk di dunia maka di akhirat kelak.
¤ Ar Ruum (50-52): Lihatlah mayat yg tdk bisa berbuat apa2 lagi, dimandikan, dikafani, lalu dimasukkan ke dlm tanah dan dikubur. Begitulah akhir hidup kita semua!
¤ Ar Ruum (53-54): SubhanAllah, Allah mengingatkan bahwa Hidayah adalah Mutlak milik AllaH. Allah berkendak kpd siapa yg Ia kehendaki.
¤ Ar Ruum (55-57): Tidak saja bersegera meminta ampunan Allah tetapi bersegera pula minta maaf kpd orang yg kita Zholimi sebelum wafat.
¤ Ar Ruum (58-60): Di dunia ini orang meremehkan bahkan mencibir peringatan Allah tetapi saat Sakaratul Maut baru sadar dan percaya tapi sudah terlambat.

Surat Ke 36 : Yaa Sin
¤ Ayat 1-6: Al Qur'an bila dibaca lalu dipahami lalu diamalkan maka banyak Hikmah dan Berkah Allah berikan untuk mereka yang melakukan itu.
¤ Ayat 7-10: Hati yang tertutup karena Sombong & Dengki sangat sulit utk menerima Kebenaran bahkan malah menantang Kebenaran itu.
¤ Ayat 11-13: SubhanAllah, bumi merekam setiap langkah aktivitas hidup kita di dunia ini untuk dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.
¤ Ayat 14-17: Seandainya utusan itu Malaikat/Jin maka bagaimana manusia meneladaninya? Maka utusan Allah kepada manusia adalah manusia.
¤ Ayat 18-21: Rasulullah SAW bersabda,'Sesungguhnya perbuatan dosa itu akan cepat mengundang Kemalangan/Kerugian (Jasmani & Rohani).
¤ Ayat 22-27: SubhanAllah! Inilah spirit besar Kenabian, sangat ingin ummatnya berTauhid dgn Benar dan Selamat Dunia Akhirat.
¤ Ayat 28-32: Inilah Dalil yg jelas bahwa tiap manusia dan jin masing2 akan bertanggung jawab di hadapan Allah atas segala perbuatannya di dunia.
¤ ayat 33-36: Adakah yg mampu menyiram bumi yg luas dan tandus ini selain hujan yg Allah turunkan dari langit?!
¤ Ayat 37-40: SubhanAllah! Allah ciptakan semua planet bergerak dgn teratur dan terukur dalam biliunan galaksi yang menakjubkan.
¤ Ayat 41-46: Ya Allah dalam perjalanan ini kami mohon segala Kebaikan, sifat Taqwa dan segala aktivitas amal ibadah yang Engkau Ridhoi.(Doa Safar).
¤ Ayat 47-50: Mengapa orang itu sangat bakhil/pelit? Karena ia sangat amat cinta dengan hartanya dan hidupnya di dunia.
¤ Ayat 51-54: Inilah dalil yg menjelaskan tentang awal Qiamat yaitu melalui tiupan sangkakala oleh Malaikat atas perintah Allah.
¤ Ayat 55-60: Tidak akan pernah ada susah, sedih, gelisah, sakit, buang hajat dll, pokoknya senang dan bahagia selalu, itulah Kenikmatan Syurga.
¤ Ayat 61-65: Saat di Akhirat, mulut dibungkam, tangan berbicara, kaki bersaksi dan semua perbuatan dan kenikmatan ditanya pertanggungjawabannya.
¤ Ayat 66-68: Mata adalah Karunia Allah yang sangat besar, coba tutup kedua mata dan bayangkan kita buta, alangkah besarnya Nikmat Mata ini.
¤ Ayat 69-74: Saat kita berada dalam pesawat di ketinggian/di kapal di tengah lautan, bukankah sangat mudah bagi Allah untuk menghancurkannya?
¤ Ayat 75-78: Manusia sangat keterlaluan padahal diciptakan dari tetesan Air tetapi selalu kurang bersyukur atas segala Nikmat Allah.
¤ Ayat 79-83: Ingat! Semua urusan dalam Iradah dan Qudrat Allah, semua mudah terjadi dan tidak ada yang mustahil bagi Allah.

Surat Ke 37 : Ash-Shaffaat
¤ Ayat 1-7: SubhanAllah! Langit bumi di tengah gemerlap cahaya bintang dalam biliun2 galaksin benar2 dalam desain Allah dan penjagaNYA.
¤ Ayat 8-13: Allah mengkabarkan tentang perilaku syaitan yang berusaha mencuri berita dari pembicaraan Para Malaikat. Namun tidak berhasil.
¤ Ayat 14-19: Disebut kafir diantaranya adalah mereka tidak percaya akan terjadi hari Qiamat, Hari Dibangkitkan dan Hari Dihizab.
¤ Ayat 20-26: Perhatikan peringatan ini! Bahwa orang2 zholim dikumpulkan bersama teman2 sejawatnya di Akhirat dalam ketakutan luar biasa.
¤ Ayat 27-32: Dan ternyata orang2 yg masuk neraka saling menyalahkan dan meminta pertanggungjawaban pemimpin mereka yg juga di neraka!
¤ Ayat 33-39: Mereka yg di neraka sangat menyesal karena selama di dunia meremehkan nasehat2 orang2 Beriman bahkan memandang rendah mereka!
¤ Ayat 40-47: SubhanAllah, sebaiknya orang beriman yg banyak beramal sholeh dibahagiakan Allah di Akhirat, mereka bahagia dengan banyak memuji Allah.
¤ Ayat 48-55: Karena itu jadilah orang yg Sholeh! Kalau tidak, maka bersahabatlah dengan Orang2 Sholeh karena akan mengajak kita Sholeh!
¤ Ayat 56-62: Sungguh orang Beriman itu sangat sadar akan kematian dan memandangnya sebagai sebuah gerbang kemenangan yang besar. SubhanAllah...!
¤ Ayat 63-67: Mereka yang menikmati makan minum yang haram, kelak di akhirat akan merasakan makan minum yang berbau busuk yang menyakitkan.
¤ Ayat 68-74: Di neraka orang kafir dan musyrik baru menyadari bahwa ajaran mereka dan nenek moyang merekalah yang membuat mereka di neraka!
¤ Ayat 75-82: Allah mengabulkan doa Nabi Nuh yg bermohon agar diselamatkan dirinya dan umat yg setia mengikuti Beliau dalam taat pada Allah.
¤ Ayat 83-90: Dakwah utama kepada keluarga bahkan kpd orang tua sekalipun sebagaimana yg dicontohkan Nabi Ibrahim berdakwah kpd ayahnya.
¤ Ayat 91-97: Allhu Akbar! Nabi Ibrahim AS adalah Nabi yg sangat berani mengahadapi semua resiko dan Beliau pun memiliki kecerdasan berdiplomasi.
¤ Ayat 98-105: Inilah Mukjizat Allah kpd Nabi Ibrahim AS, api yang membara ternyata tidak dapat membakar tubuh Nabi Ibrahim AS bahkan api itu menjadi dingin karena Allah.
¤ Ayat 106-113: Inilah sejarah mengapa Nabi Ibrahim AS meraih gelar kekasih Allah (Al-Khalil), karena rela mengorbankan putra tercintanya Demi Allah.
¤ Ayat 114-121: Persahabatan karena Allah telah dicontohkan oleh Nabi Musa dengn Nabi Harun dan mereka berdua pun mendapat perlindungan Allah.
¤ Ayat 122-132: Semua Nabi berdakwah dan semuanya menghadapi tantangan yang hebat tetapi semua tantangan dilalui dengan sukses dengan Izin Allah.
¤ Ayat 133-138: Ini dalil bahwa istri seorang Nabi pun bisa saja berkhianat, sungguh Hidayah itu benar-benar hanya milik dan Kuasa Allah SWT.
¤ Ayat 139-148: SubhanAllah! Seandainya Nabi Yunus bukan orang yang berzikir niscaya Allah akan biarkan selamanya di dalam perut ikan itu.
¤ Ayat 149-157: Inilah awal kezholiman kepada Allah, fitnah besar dan dusta nyata dengan mengatakan (=mengakui/yakin) bahwa Allah punya anak.
¤ Ayat 158-166: Allah mengkabarkan tentang barisan rapi para Malaikat dalam Ketaatan kepada Allah dan mereka tidak pernah berhenti bertasbih.
¤ Ayat 167-175: Bacalah dengan iman! Allah pasti menolong dan memenangkan mereka yang beriman yang berjihad dengan sungguh2 di jalan NYA.
¤ Ayat 176-182: Karena itu, jangan sekali-kali menunda kesempatan Bertaubat, Kematian datang tiba-tiba, Celakalah yang mati dalam keadaan/berbuat maksyiat.

Surat Ke 55 : Ar-Rahman
¤ Ar-Rahman 1-9: Surat ini diawali dgn Asma Allah yg Mulia, Maha Pengasih/Maha Pemberi/Maha Dermawan karena itulah Allah suka hamba yg Dermawan.
¤ Ar-Rahman 10-18: Alangkah teganya, alangkah nekadnya, alangkah zholimnya, alangkah bodohnya, mereka yg menggunakan Nikmat Allah utk maksyi'at kpd Allah...!
¤ Ar-Rahman 19-28: Prof. Futaki dr Jepang masuk Islam setelah meneliti dua air bertemu (Sungai & Laut) mengandung keindahan Trumbu karang, Mutiara & Ikan yg Banyak!
¤ Ar-Rahman 29-36: SubhanAllah, Allah terus menerus memperhatikan makhluk setiap detik, setiap tempat dan setiap keadaan disertai memenuhi semua hasrat hamba2NYA yg Berdoa.
¤ Ar-Rahman 37-45: SubhanAllah, di hari Qiamat semua muka terlihat sebagaimana amal perbuatan di dunia, wajah gelap hitam dan wajah bercahaya terang benderang.
¤ Ar-Rahman 46-55: Coba baca dgn Iman ayat-ayat Allah ini, betapa indahnya Syurga, lalu betapa bahagianya kelak hamba2 Bertaqwa yang diperkenankan Allah utk menikmatinya.
¤ Ar-Rahman 56-63: SubhanAllah! Ingat, Allah berjanji akan membalas semua kebaikan hamba NYA, bisa Allah segerakan di dunia atau di akhirat kelak.
¤ Ar-Rahman 64-78: SubhanAllah! 31 kali Allah bertanya tentang Nikmat2 Allah yang terlalu banyak kita lupakan, bahkan kadang kita gunakan untuk mendurhakaiNYA.

Surat Ke 56 : Al-Waqiah
¤ Al Waqiah 1-10: Jangan sedih Hai Hamba-hamba yang Taqwa! Di Akhirat Allah akan kumpulkan bersama orang2 yang paling kita cintai, cinta Rasul berarti kumpul dgn Rasul.
¤ Al Waqiah 11-18: SubhanAllah! Ketika seorang Sholeh masuk Syurga, dia akan cari sahabat Sholehnya di dunia, lalu Allah pertemukan mereka! Ini salah satu Nikmat Syurga.
¤ Al Waqiah 19-26: Tidak ada lagi susah, tidak ada lagi umur tua/kematian, tidak ada lagi sakit/akhlak buruk, yang ada hanya KEINDAHAN & KENIKMATAN, itulah Syurga.
¤ Al Waqiah 27-40: Orang2 yg tidak beriman menganggap cerita Syurga hanyalah dongeng belaka karena itulah mereka sangat cinta dunia tanpa peduli Halal Haram.
¤ Al Waqiah 41-53: Ada golongan kiri di akhirat yaitu golongan yg selalu banyak berbuat dosa selama di dunia, termasuk org2 kafir, musyrik, fasik dan munafik.
¤ Al Waqiah 54-62: Sadarilah bahwa asal muasal kita adalah dari air mani lalu kemudian masuk tanah, lalu mengapa kita sombong kepada Allah dan makhlukNYA?
¤ Al Waqiah 63-74: SubhanAllah! Hakikatnya manusia hanya menemukan, Allah jua yang menciptakan, manusia hanya menanam, lalu Allah jua yang menumbuhkan.
¤ Al Waqiah 75-87: Ingat! Ketika nyawa tersisa di kerongkongan, sungguh calon mayat sudah bisa melihat Malaikat Maut dan tidak ada lagi kesempatan Bertaubat.

Surat Ke 57 : Al-Hadid
¤ Al Hadid 1-5: SubhanAllah, Allah mengabarkan kpd kita bahwa semua ciptaan Nya, di
langit dan di bumi, bertasbih kepada NYA seperti matahari, bulan, bintang dsb.
¤ Al Hadid 6-9: Bukti atau tanda iman orang Beriman yg benar2 beriman adalah senang dan berani menginfakkan sebagian besar hartanya di jalan fiisabiilillah.
¤ Al Hadid 10-12: Rangking ketiga adalah Ahli Ibadah, kedua adalah Hartawan yang Dermawan dan Rangking Pertama adalah Jihad Fiisabiilillah atau Syuhada di sisi NYA.
¤ Al Hadid 13-15: Betapa menyesalnya orang2 munafik di akhirat, mereka minta tolong pada orang2 Beriman tetapi terlambat, semua ganjaran karena perbuatan2 mereka di dunia.
¤ Al Hadid 16-18: Infak artinya Pinjaman. Allah meminjam kpd orang2 Beriman harta mereka walau semua punya Allah, ini hanyalah stimulan agar makin senang Berinfak.
¤ Al Hadid 21-24: Allahu Akbar! Bersegeralah utk mendapat Syurga yang luasnya seluas Langit dan Bumi dengan sungguh2 Bertaubat dan minta Ampunan Allah.
¤ Al Hadid 25-26: Al Qur'an mengajarkan Sains dan Tekhnologi, menjelaskan tentang Kedahsyatan dan kecanggihan besi yang memiliki banyak manfaat untuk umat manusia.
¤ Al Hadid 27: Ajaran Nabi Isa adalah Tauhid, sebagaimana ajaran semua para Rasul lalu disimpangkan oleh para ahli kitab.
¤ Al Hadid 28-29: Ingat! Sehebat apapun kebaikan orang yang tidak beriman, tidak akan pernah mendapat Karunia dan Rahmat Allah kecuali Kesia-siaan dan kerugian besar.

Surat Ke 58 : Al-Mujaadilah
¤ Al Mujadilah 1-3: Di masa Jahiliyyah kalimat Zihar kepada istri('engkau seperti ibuku', berikut panggilan mama/papa) berarti sama dengan kata 'engkau, aku ceraikan' karena itu berhati2lah dalam berkata.
¤ Al Mujadilah 4-6: SubhanAllah, di hari akhirat semua perbuatan manusia Allah perlihatkan untuk dihisab & dipertanggungjawabkan walau manusia itu sudah melupakannya.
¤ Al Mujadilah 7-8: SubhanAllah! Coba carilah tempat bersembunyi utk maksyi'at yang Allah tidak melihatNya dan berbisiklah tentang kejahatan yang Allah tidak mendengarNya!
¤ Al Mujadilah 9-11: SubhanAllah, pembicaraan yg terbaik yg paling Allah, RasulNya dan para MalaikatNya suka adalah yang mengajak manusia ke jalan Allah dan selamat di akhirat.
¤ Al Mujadilah 12-14: Sedekah adalah bukti Keimanan, Obat Jasmani Rohani, Jalan Keluar dari Masalah, Ampunan Dosa, Derajad yg Mulia, Kunci Rezki dan Didoakan Malaikat.
¤ Al Mujadilah 15-18: Ingat! Saat hari perhitungan, anak-anak, keluarga, para sahabat, jabatan dan harta benda tidak dapat menolong orang kafir dari azab Allah.
¤ Al Mujadilah 19-22: SubhanAllah, sungguh kita tidak akan merasakan lezatnya iman sampai cinta pada Rasulullah melebihi cinta kita pada keluarga dan dunia ini.

Surat Ke 65 :Ath-Thalaaq
¤ Ayat 1-2: Allah menghendaki kita utk tetap dan selalu berbuat baik pada istri sekalipun harus bercerai, walaupun tidak disukai tetapi tetap dgn Akhlak yg Mulia.
¤ Ayat 3-5: SubhanAllah, dengan kesungguhan Taqwa niscaya Allah berikan Petunjuk, Jalan, Cara utk selesaikan urusan dunia bahkan mendapat Rezki tanpa terduga.
¤ Ayat 6-7: Walau suami telah menceraikan istrinya, mantan suami itu harus tetap memperhatikan nafkah utk mantan istrinya apalagi kalau ia sudah punya anak.
¤ Ayat 8-10: Allah menegaskan dalam firmanNya bahwa hanya hamba Allah yg punya akal sehat yang bersungguh2 bertaqwa kepada Allah, SubhanAllah.
¤ Ayat 11-12: Berita gembira dr Allah utk mereka yg Beriman dan senag Beramal Sholeh, belum di akhirat di dunia pun mereka dibahagiakan Allah, SubhanAllah.

Surat Ke 67 : Al-Mulk
¤ Ayat 1-5: Sadarilah! Keindahan dan Perhiasan hidup di dunia adalah Ujian dari Allah sehingga terlihat siapa diantara hamba-hamba Nya yang benar-benar Beriman kepada Allah.
¤ Ayat 6-11: Inilah penyesalan orang2 yg disiksa di Akhirat,'Inilah kebodohan kami, seandainya kami mendengar dan taat niscaya kami tidak akan celaka seperti ini.'
¤ Ayat 12-17: Siapa yg benar2 takut kpd Allah saat sepi, sendirian atau saat punya peluang maksyi'at maka Allah akan beri Lezat Iman kepadanya, demikian Sabda Nabi.
¤ Ayat 18-23: Siapa yang menghidupkan kita, Siapa yang memberi kita Rezki, Siapa yang Menyelamatkan kita, semua jawabannya adalah ALLAH. Lalu mengapa kita Maksyi'at?
¤ Ayat 24-30: Semua Ilmu, Kekuasaan, Kekayaan dan isi Langit-Bumi adalah Milik Allah maka dalam hidup ini yang ada hanyalah 'Rasa Diamanahi', bukan memiliki.

Surat Ke 68 : Al-Qolam
¤ Ayat 1-7: SubhanAllah! 'Al Qulam' berarti PENA. Islam agama yang sangat perhatikan Baca Tulis karena Islam adalah Agama yang membebaskan Manusia dari Kebodohan menuju Kemajuan.
¤ Ayat 8-16: Islam mengajarkan Sikap, kapan Lembut, kapan Tegas atau Diam dan Setiap perkataan ada tempatnya, ada waktunya dan situasinya.
¤ Ayat 17-27: Ini Tauhid! Tidak ada daun yang jatuh tanpa Izin Allah. Tidak ada yang tidak bisa, tidak ada yang mustahil, semua bisa terjadi dengan Iradah dan Qudrat nya Allah.
¤ ayat 28-33: Ucapan Tasbih berarti Rendah Hati karena hanya ALLAH yang SUCI. Jadi Pemaaf, Arif Bijaksana dalam perbedaan, Semangat memperbaiki diri dan Mohon AmpunanNYA.
¤ Ayat 34-41: SubhanAllah! Begitu hebat fitnah di dunia. Allah difitnah punya anak, Rasul Mulia difitnah gila, lantas bagaimana dengan kita? Jadi jangan takut Fitnah!
¤ Ayat 48-52: Jangan pernah tertipu dgn penampilan orang2 kafir walau wajah yg ganteng, kemewahan yg mengagumkan, Ingat! Itu hanya untuk menyenangkan mereka sementara.

Surat Ke 73 : Al- Muzammil
¤ Ayat 1-8: Allah akan berikan Qoulan Tsaqiila yaitu kata2 yang berbobot untuk hamba Allah yang senang selalu Sholat Malam dan membaca Al Qur'an.
¤ Ayat 9-14: Allah perintahkan Nabi utk bersabar atas hinaan bahkan siksaan kaum kafir (Quraisy) dan juga menjawab dan meninggalkan mereka dgn cara yg baik.
¤ Ayat 15-19: Setiap ada kezholiman maka Allah akan mengutus seorang Rasul seperti Nabi Musa AS, Allah utus utk menghadapi kezholiman fira'un.
¤ Ayat 20: Inilah Dalil yg jelas2 menyatakan bahwa para sahabat pun ikut sholat malam berjamaah bersama Rasulullah.

Surat ke 93 : Adh-Dhuhaa
Ayat 1-11: SubhanAllah, jika siang kita jaga dengan Sholat Dhuha dan jika malam kita jaga dengan Sholat Tahajjud maka Allah tidak akan menyusahkan kita dunia akhirat.

Surat Ke 94 : Al-Insyiraah
¤ Al Insyirah ayat 1-8: Yaqinlah bahwa dibalik musibah ada Hikmah, dibalik sakit ada Rahmat, dibalik Ujian ada Tarbiyyah Rabbani dan dibalik Kesulitan ada Kemudahan!

Surat Ke 95 : At-Tiin
¤ At Tiin Ayat 1-8: Allah hadiahi catatan amal tiada putus utk hamba Allah yang Beriman dan terus menerus Beramal Sholeh saat hidup bahkan setelah wafatnya.

Surat Ke 97 : Al-Qadr
¤ Al Qodar (1-5)a: SubhanAllah, pantaslah hamba-hamba Allah yang beriman amat sangat rindunya pada hadiah Lailatul Qodar, satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan.
¤ Al Qodar (1-5)b: Untuk meraih Lailatul Qadar, mereka akan Taat Beribadah, Puasa, Qiyamullail, Sedekah, I'tikaf, Baca Al Qur'an, dll di bulan Ramadhan.

Surat Ke 100 : Al-‘Aadiyaat (1-11)
SubhanAllah, ternyata dalam tubuh kita ada alat rekam canggih yang merekam semua amal kita. Di Akhirat Allah buka tabir siapa kita sebenarnya! Alat rekam tsb : "HATI". Maka berhati2lah dengan apa yang kita kerjakan selama hidup di dunia ini. Takutlah kepada Allah karena kepada Allah lah kita akan kembali!

Surat Ke 101 : Al-Qoriah (1-11)
Semua amal manusia dan jin selama di dunia dihitung antara baik dan buruk dengan adil di akhirat, tidak ada yang tidak dihitung sekecil apapun.

Surat Ke 104 : Al-'Ashr (1-3)
Inilah kunci Sukses Dunia Akhirat; Beriman Sungguh2, Beramal Sholeh, Senang saling menasehati dalam Kebenaran dan Kesabaran.

Surat Ke 105 : Al-Fill
Inilah dalil tentang Mukjizat Ka'bah sebagai 'Rumah Allah' tempat suci, pusat aktifitas peribadatan umat manusia di seluruh dunia yang Allah jaga.

1 comment: